Inspirasi, Tips

Mengenal Tradisi Unik Mengirim Parcel Saat Lebaran

mengirim parcel lebaran

Berkirim parcel atau hampers saat hari raya lebaran telah tumbuh menjadi tradisi di Indonesia. Rasanya kurang lengkap jika momen perayaan idul fitri tidak diikuti dengan berkirim parcel. Untuk itu, saat momen hari raya idul fitri selalu diisi dengan tradisi berkirim hampers. Selain menyenangkan, tradisi berkirim hampers juga dapat mempererat tali silaturahmi.

Dalam merayakan hari raya idul fitri, tidak semua kerabat dapat berkumpul, terkadang jarak menjadi penghalang momen kebersamaan tersebut. Dengan berkirim hampers, membuat kerabat yang jauh akan terasa dekat, dan yang dekat akan semakin dekat. Lalu bagaimana sih awal mula tradisi mengirim parcel saat lebaran di Indonesia?

Asal Usul Tradisi Mengirim Parcel Lebaran

parcel lebaran

Nah sebenarnya tradisi mengirim hampers saat lebaran ini sudah ada sejak zaman penjajahan. Saat itu terjadi peperangan antara penjajah dengan masyarakat Indonesia untuk memperebutkan kekuasaan. Kala itu, para kaum perempuan masih dianggap lemah, sehingga membuat mereka tidak diperbolehkan untuk ikut dalam berperang.

Meskipun tidak dapat ikut berjuang di medan perang, para wanita ini tetap ingin ikut andil dalam memperebutkan kemerdekaan tanpa harus membahayakan diri. Keikutsertaan mereka ialah dengan mengirimkan makanan kepada para pejuang di medan perang secara rutin. Akhirnya tradisi mengirimkan makanan ini terbentuk.

Setelah zaman peperangan selesai, tradisi ini terus berlanjut hingga sekarang. Tak seperti dulu, sekarang mengirimkan makanan dibentuk dan disusun menjadi parcel agar lebih menarik. Nah, seiring dengan perkembangan zaman, terdapat beragam model dan bentuk parcel dengan dekorasi yang unik dan tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan, loh.

Makna Berkirim Parcel Saat Lebaran

parcel lebaran

Tradisi berkirim parcel saat lebaran selalu dilakukan dari tahun ke tahun, tentu terdapat makna mendalam dibalik tradisi mengirimkan hampers atau parcel ini. Mau tahu maknanya apa saja? Simak penjelasan berikut.

Berbagi Kebahagiaan

Hari raya merupakan hari kemenangan bagi umat yang merayakannya. Maka dari itu, sebagai wujud berbagi kebahagiaan, tak sedikit dari mereka yang mengirimkan hampers kepada orang lain. Hal ini dilakukan agar orang lain juga ikut merasakan kebahagiaan perayaan hari raya.

Wujud Toleransi

Mengirim hampers atau parcel ke orang lain bisa menjadi simbol toleransi. Terkadang hampers ini diberikan kepada orang yang menganut agama berbeda. Hal ini dilakukan sebagai ucapan selamat hari raya serta sebagai wujud berbagi kebahagiaan.

Eratkan Tali Silaturahmi Saat Lebaran dengan Ragam Parcel Eksklusif

Menjaga hubungan silaturahmi dengan kerabat dapat membuat suasana kekeluargaan menjadi lebih hangat. Nah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjalin silaturahmi ialah saling berkirim parcel saat lebaran.

Untuk mendapatkan parcel lebaran yang eksklusif dan berkualitas, percayakan pada Meme Florist. Meme Florist menyediakan berbagai macam parcel dan hampers untuk beragam momen spesial, salah satunya lebaran. Meme Florist sudah dipercaya selama kurang lebih 10 tahun dalam memenuhi kebutuhan parcel di lebih dari 200 kota dan kabupaten di Indonesia. Jadi, tunggu apalagi? Yuk berikan yang terbaik untuk kerabat maupun kolegamu di bulan penuh berkah ini dengan ragam pilihan parcel dan hampers eksklusif dari Meme Florist.

 

 

 

Back to list

Related Posts